Home / Paid Article / Kendala Umum HR Jika Memakai Payroll Berbasis Excel

Kendala Umum HR Jika Memakai Payroll Berbasis Excel

Diperbarui Tanggal 29 Desember 2018 Jam 01:59 am

Memasuki akhir bulan, tim HR umumnya sudah mulai bersiap untuk menghadapi gelombang tugas dan pekerjaan yang menumpuk. Kertas – kertas yang dicetak dari Excel berantakan berisi data karyawan dan slip gaji yang harus dihitung secara manual.

Kerumitan ini bahkan berlangsung setiap akhir bulan yang membuat tim HR akhirnya kewalahan dan kurang fokus dalam mengerjakan tugas – tugas pengelolaan karyawan. Program Excel dan spreadsheet memang sudah sangat populer di kalangan HR, tetapi untuk mencatat ribuan data karyawan, slip gaji, tunjangan, upah lembur dan asuransi tentu akan sangat memakan waktu dan menguras tenaga. Berikut adalah beberapa kendala umum yang bisa saja terjadi apabila perusahaan menerapkan payroll berbasis Excel:

1. Data ambigu atau tidak akurat
Untuk mempercepat kinerja, tidak jarang tim HR akan saling berbagi tugas. Misalnya, staf A bertugas untuk menginput data tunjangan, sedangkan staf B mengupdate upah lembur, dan seterusnya. Karena menggunakan program Excel yang proses pencatatan dan penyimpanan data dilakukan di komputer masing – masing, hal ini berpotensi menimbulkan perbedaan data dan kesimpang-siuran data. Manakan data yang paling akurat dan manakah data yang paling baru? Belum lagi, ada begitu banyak file – file Excel yang membuat mata semakin berkunang – kunang. Kebingungan data atau ambiguitas data ini sudah seharusnya dicari solusi yang lebih efektif dan efisien.

Baca Juga : Ini Dia Pekerjaan HR yang Bisa Di Handle Aplikasi HRD

2. Kesalahan manual
Manusia memang tidak luput dari kesalahan. Tetapi, untuk masalah payroll, kesalahan sekecil apa pun akan berdampak besar bagi karyawan. Tidak hanya kesalahan manual saat memasukkan angka, menghitung dengan kalkulator, atau menyalin data, tetapi juga kesalahan dalam menghapus data karyawan yang bisa membuat tim HR melakukan proses kerja dua kali. Faktor manusiawi seperti mengantuk, kelelahan, emosi, sakit dan sebagainya bisa menyebabkan terjadinya kesalahan manual dalam sistem penggajian yang masih berbasis Excel.

3. Kurangnya keamanan data
File yang menggunakan format Excel sangat rentan diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Terutama jika dalam satu jaringan komputer di perusahaan saling terhubung satu sama lain. Apabila hal ini terjadi, bukan mustahil karyawan yang tidak berkepentingan bisa mengakses data – data payroll yang sangat penting dan bersifat rahasia. Selain itu, data Excel yang disimpan dalam komputer juga sangat rentan hilang atau dihapus. Entah itu karena kesalahan manual atau virus.

Mengingat begitu banyak potensi masalah yang mengancam sistem penggajian dalam perusahaan Anda, sudah saatnya pemilik bisnis mempertimbangkan untuk beralih ke payroll software Indonesia yang lebih mutakhir.

LinovHR adalah payroll software Indonesia yang menghadirkan fitur dan modul untuk menunjang bisnis Anda berkembang lebih baik di masa depan. LinovHR menerapkan teknologi HRIS berbasis cloud yang fleksibel dan keamanan data terjamin. Buktikan manfaat LinovHR untuk perusahaan Anda, segera uji coba LinovHR sekarang juga tanpa biaya apa pun alias gratis.

About Abu Abdillah

Why so serious for dunya? Tidak perlu serius dalam menanggapi dunia Tidak perlu bersedih jika anda tidak dikenal didunia Tapi bersedihlah jika anda tidak dikenal dilangit ^__^

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: